Hal - Hal Yang Membatalkan Puasa

Hal - Hal Yang Membatalkan Puasa - Sebentar lagi kita memasuki bulan puasa ramadhan nih tinggal menghitung hari saja, nah apa itu puasa ramadhan? Mari kita mengulas secara singkat tentang puasa ramadhan. Puasa ramadhan adalah ibadah wajib tahunan yang harus dikerjakan oleh setiap umat muslim. Adapun syarat – syarat untuk menjalankan ibadah puasa yang sudah ditetapkan diantaranya yaitu baligh baik wanita atau laki – laki, berakal sehat, sehat, tidak gila, mengetahui kewajiban puasa, mengetahui waktu masuknya serta tidak sedang halangan atau haid.

Puasa tidak hanya menahan haus dan lapar saja, tetapi kita juga diajarkan untuk menahan amarah, hawa nafsu, dan juga menjadi lebih berperilaku baik. Bulan puasa hanya datang satu tahun sekali oleh karena itu kita sebagai umat muslim harus menjalani ibadah wajib turunan ini, karena banyak sekali kebaikan – kebaikan yang harus kita lakukan dan diperbanyak agar kita semua menjadi hamba Allah yang beriman, bulan puasa ramadhan merupakan bulan berkah dan bulan penuh ampunan, maka tak jarang umat muslim berlomba – lomba untuk mencari kebaikan.



Oleh karena itu apabila bulan ini berakhir kita akan terbawa rasa kesedihan, mengapa demikian karena bulan yang penuh kebaikan itu telah berakhir, tetapi akan bahagia karena datangnya hari raya idul fitri. Sebelum berpuasa kita harus memahami dan mengetahui hal – hal apa saja yang bisa membatalkan puasa. Menjadi kewajiban umat muslim untuk mengetahui dan memahami hal tersebut. Di artikel ini kami akan membagikan apa saja hal hal yang membatalkan puasa dan makruh lainnya yang membatalkan puasa. Berikut hal – hal yang membatalkan puasa.

1.     Berkumur saat berpuasa
Seperti yang kita ketahui niat berpuasa adalah salah satunya tidak makan dan minum. Berkumur saat bepuasa dapat membatalkan puasa apalagi berkumur dengan cara disengaja, ketika berkumur kita secara tidak langsung bisa saja tidak sengaja meminum airnya maka dari itu banyak orang yang tidak melakukan kumur saat berwudhu karena itu bisa saja membatalkan puasa ramadhan.

2.     Sikat gigi saat berpuasa
Bau mulut pada saat berpuasa memanglah tidak sedap, akan tetapi bau mulut orang yang sedang berpuasa itu sama saja seperti bau bunga kesturi yang sangat wangi. Nah bagaimana jika sikat gigi pada saat berpuasa apa hukumnya? Apakah dapat membatlkan puasa? Hukum sikat gigi pada saat berpuasa sebenarnya masih jadi perdebatan karena setiap ulama dan ustadz memiliki pendapat yang berbeda. Jadi hukum sikat gigi pada saat puasa itu bisa saja membatalkan puasa contoh kecilnya saja berkumur. Berkumur saja bisa membatalkan puasa apalagi sikat gigi.

3.       Mencicipi masakan saat berpuasa
Pada saat sebelum menjelang berbuka ibu – ibu tentu pernah merasakan hal ini, ketika masak harus mencicipi rasa masakan tersebut. Mencicipi masakan saat berpuasa bisa saja membatalkan puasa apalagi dilakukan dengan sengaja. Jika sengaja melakukan hal ini ulama menyebutkan hukumnya adalah makruh meskipun dengan demikian akan lebih baiknya tidak mencicipinya.

4.       Muntah dengan sengaja
Batal puasa bukan karena makan dan minum saja ketika kita merasakan tidak enak badan dan mengakibatkan muntah itu bisa membatalkan puasa apalagi dilakukan dengan sengaja. Tapi kalau muntah dilakukan tidak sengaja contohnya karena sakit kalian bisa melanjutkan puasa. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan dan kondisi untuk menjalankan ibadah  Puasa Ramdhan.

5.       Emosi yang berlebihan
Di bulan puasa Ramadhan ini kita diajarkan untuk menjadi lebih baik dan juga menahan hawa nafsu mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari atau dari subuh waktu imsyak hingga waktu maghrib. Selain hawa nafsu, kita juga diharuskan menahan emosi selama berpuasa. Pada saat berpuasa seseorang tidak sadar mengeluarkan emosi atau amarah yang berlebihan maka puasanya batal. Dengan begitu akan tetapi masih ada saja yang melanjutkannya sesungguhnya mereka hanya menahan haus dan lapar saja. Maka kita harus lebih bersabar dalam menjalankan ibadah puasa ini.

6.       Merokok pada saat berpuasa
Merokok adalah salah satu hal yang membatalkan puasa, meskipun tidak makan apalagi minum dengan merokok kita akan merasakan rasa di mulut dan asap yang ditimbulkan itulah yang bisa membatalkan puasa. Berkumur saja dapat membatalkan puasa apalagi merokok bagi perokok berat dan ingin menjalankan puasa haruslah melatih diri untuk tidak merokok pada saat berpuasa, boleh saja merokok tapi ada waktunya saja.

7.       Berenang pada saat berpuasa
Banyak yang bertanya – Tanya apakah berenang pada saat berpuasa dapat membatalkan puasa? Sebenarnya berenang boleh saja dilakukan selama bulan puasa tetapi yang pasti kamu harus bisa menjaga agar air tidak masuk pada bagian telinga, hidung, dan juga mulut. Tanpa kalian sadari berenang bisa membatalkan puasa jadi akan menjadi lebuh baik apabila berenang setelah berbuka dan tida pada saat berpuasa.

8.       Buang angin
Buang angin juga bisa membatalkan puasa loh, tetapi batalnya ketika kalian buang angin pada saat mandi atau di air, maka tak jarang orang melakukan hal ini tidak sengaja. Jadi apabila dilakuk sengaja ini bisa saja membatalkan puasa kalian.

9.       Ejakulasi
Melakukan hubungan suami istri atau bersetubuh memang sudah jelas membatalkan puasa. Tetapi kalau pelukan dan ciuman masih banyak yang mempertanyakan soal ini. pelukan atau ciuman bisa saja membatlkan puasa karena ejakulasi terjadi apabila kita merasakan nafsu dan berpikiran yang aneh aneh.

10.   Menstruasi
Haid atau menstrubasi adalah rutinitas yang dialami oleh kaum wanita pada setiap bulannya. Pada saat bulan puasa ramadhan wanita yang sedang menstruasi dilarang untuk berpuasa, tetapi bukan diharamkan untuk berpuasa. Maka dari itu, meski sudah sahur dan niat untuk berpuasa serta menjalankan ibadah puasa namun tiba – tiba keluar darah menstruasi maka puasanya akan langsung batal. Jadi akan lebih baik jika wanita yang sedang mestruasi tidak menjalankan ibadah puasa.

11.   Berhubungan seksual
Sudah jelas berhubungan seksual itu merupakan perbuatan dosa apalagi dilakukan bagi orang yang belum suami istri itu sangat haram. Meskipun sudah suami istri dan sah berhubungan seksual pada saat bulan puasa ramadhan apalagi dilakukan di siang hari itu sudah jelas membatalkan puasa. Mengapa demikian karena hal ini tujuan utama berpuasa telah dilanggar. Maka puasanya harus digantikan di lain hari dan waktu.

Itulah hal – hal yang membatalkan puasa, bagaiman sudah tau kan hal – hal  dan makruh apa saja yang dapat membatalkan puasa, semoga puasa ramadhan tahun ini lancar dan menjadi berkah serta nikmat yang didapat selama satu bulan penuh. Demikian artikel yang bisa kami berikan untuk kalian semua  dan juga semoga kita sehat selalu dan bisa menjalankan ibadah puasa ini dengan lancar. Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan perbanyak ibadah ya!

Belum ada Komentar untuk "Hal - Hal Yang Membatalkan Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel