Tips Tidak Terlambat Bangun Sahur

Tips Tidak Terlambat Bangun Sahur-Di bulan Ramadhan bulan penuh berkah ini umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa, karena dengan berpuasa kita berlatih untuk menahan haus lapar serta hawa nafsu dan juga belajar melatih kebiasaan menjadi berbeda dari sebelumnya,  Sebelum menjalankan ibadah puasa kita diwajibkan sahur.

Sahur merupakan syarat sunah saat hendaknya melakukan ibadah puasa sahur juga menjadi persiapan sebelum berpuasa, karena pada saat sahur terakhir kali kita diperbolehkan untuk makan dan minum sebelum tiba waktu berbuka puasa. Oleh karena itu kita sebagai muslim disarankan makan sahur sebelum puasa karena apabila tidak melakukan makan sahur akan menjadi kurang bersemangat, dan saat menjalankan puasa akan berasa lapar yang kurang bisa ditahan beda dengan orang yang melakukan makan sahur, orang yang sahur biasanya akan menjadi lebih bersemangat dan tidak akan merasakan lemas, amarah, lapar, haus dan mengeluh yang amat dahsyat. Agar sahur kita tidak terlewatkan usahakan jangan terlalu lelah menjalankan aktivitas saat sebelum sahur.

Lelah pada diri kita akan mengakibatkan sahur menjadi susah untuk dilakukan karena otak dan fikiran kita akan menjadi sulit untuk mengontrol apa yang kita niatkan, jadi jangan sampai kelelahan sebelum waktu sahur tiba. Berpuasa adalah suatu hal yang wajib dilakukan semua muslim banyak yang bisa dilakukan saat berpuasa sebab berpuasa sangatlah penting apalagi pada orang yang berakal sehat dan balig untuk memahan diri dari nafsu atau berpuasa.

Hal yang biasanya sulit untuk dilakukan pada bulan Ramadhan yaitu Sahur karena sahur dilakukan sekitar pukul 03:00. Sahur akan menjadi lewat waktunya apabila sudah masuknya jadwal imsyak  yang telah ditentukan untuk berbagai daerah dan wilayah di Indonesia yang menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu kita harus bangun sahur agar tidak terjadi permasalahan saat berpuasa, tenang bagi kalian yang suka terbiasa dan sulit untuk bangun untuk sahur, Disini saya akan memberikan tips tidak terlambat bangun sahur, berikut beberapa tipsnya : 

1. Tidak Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa 

Kebanyakan orang pada saat waktu berbuka puasa telah tiba mereka akan membalas dendam setelah kurang lebih 12 jam menahan lapar dan haus mereka akan tidak kontrol untuk menyantap menu berbuka puasa dengan berlebihan. Ini merupakan salah hal yang sulit pada waktu sahur tiba mengapa dikatakan sulit karena ketika tubuh bagian perut kita melebihi batas porsi yang ditentukan akan menjadi tidur yang melelahkan atau juga bisa disebut pulas, maka dari itu kita disarankan untuk makan secukupnya saat berpuasa karena dengan makan secukupnya kita akan lebih baik mengontrol semua aktivitas yang akan kita jalani mendatang, berhentilah sebelum kenyang saat berbuka puasa agar sahur anda tidak terlewatkan.

2. Kurangi Kegiatan Yang Melelahkan 

Aktivitas yang kita lakukan saat berpuasa merupakan suatu hal yang bisa saja melelahkan untuk kita rasakan. Kegiatan pada saat berpuasa sangat penting dan harus dilakukan karena berpuasa tanpa dilakukan dengan kegiatan sama saja dengan apa yang kita niat kan untuk menjalankan puasa akan menjadi sia sia mengapa demikian karena berpuasa bukan berarti untuk bermalas malasan melainkan untuk menambah amalan dan pahala yang dilakukan, Allah sangat tidak menyukai orang yang bermalas malasan terutama dalam hal ibadah. Walaupun kegiatan sangat penting dilakukan pada saat berpuasa kita diharuskan mengurangi kegiatan yang kita lakukan agar puasa kita tidak terlalu melelahkan dan berujung mengeluh, mengurangi kegiatan pada saat menjalani puasa akan menjadi sangat menguntungkan mengapa dikatakan menguntungkan karena pada saat hendak sahur kita akan menjadi lebih mudah agar tidak terlewatkan untuk menjalani sahur. 

3. Jangan Tidur Terlalu Malam Dan Begadang 

Tidur memang menjadi hal yang sangat diperlukan saat semua aktivitas yang telah kita lakukan telah selesai dilakukan, apalagi pada bulan puasa ini semua aktivitas menjadi sangat jarang dilakukan karena pada saat berpuasa kita akan menjadi letih dan kurang semangat oleh karena itu kita membutuhkan istirahat yang cukup yaitu tidur, tidur pada siang hari saat berpuasa juga diperlukan sebab tidur saat bulan puasa adalah pahala meskipun begitu bukan berarti kita tidur sepanjangan menjelang berbuka puasa karena itu bisa membatalkan puasa.  

Sahur menjadi hal yang sangat penting pada bulan ramadhan ini karena sahur merupakan suatu niat dan syarat saat hendaknya mau berpuasa apabila terlewatkan sahur puasa kita akan menjadi sangat tidak semangat dan juga gampang mengeluh, waktu sahur sangat penting terkadang sangat sulit untuk menjalani makan sahur karena kita terlalu kecapekan pada saat sebelum waktunya sahur tiba. Oleh karena itu disarankan jangan terlalu malam untuk tidur apalagi sampai begadang karena dengan begadang kita akan sulit mengontrol aktivitas yang akan dijalani selanjutnya contohnya pada saat sahur ini. jadi jangan sampai tidur terlalu malam usahakan tidur kurang lebih pada pukul sepuluh malam agar sahur kita tidak terlewatkan dan puasa menjadi lebih semngat juga tidak gampang mengeluh.

4. Usahakan Untuk Memasang Alarm 

Meskipun kedengarannya klasik namun ini salah satu cara ampuh untuk membangunkan tidur anda pada saat jam sahur. Setel alarm untuk waktu sahur yang telah ditetapkan sehingga benar benar tepat dan tidak ada hal yang tertinggal pada pengingat alarm tersebut. Cara ini bisa saja menjadi tidak berjalan dengan baik itu semua tergantung pada diri kita jika kita tidak menyepelehkan atau malas pada jam sahur telah tiba, maka sahur kita tidak akan terlewatkan, karena sahur itu sangat penting untuk menjalanka puasa dengan sempurna tanpa ada kata kata mengeluh pada diri kita. 

5. Membiasakan Untuk Bangun Pagi 

Kebiasaan memang kerap sudah ada pada diri kita, Pada saat bulan puasa khusunya pada saat bangun sahur. Kebiasaan inilah yang biasanya dialami kebanyakan orang karena ketika sedang tidur otak dan fikiran kita tidak berjalan atau juga sering disebut istirahat kemudian yang terjadi adalah kita terkompinasi menjadi malas untuk bangun tidur. Maka dari itu kita diharuskan membiasakan untuk bangun lebih awal atau tepat waktu agar semua aktivitas dan kegiatan kita tidak akan terlewatkan terutama untuk makan sahur. 

6. Meminta Bantuan Bangun Sahur 

Jika kalian tinggal dirumah bersama keluarga, maka cara inilah yang paling efektif untuk dicoba. Akan menjadi efektif apabila kalian meminta bantuan kepada, Ayah, Ibu, Kakak atau Adik dan bisa juga saudara untuk membangunkan anda ketika ingin sahur, karena dengan bantuan ini anda akan menjadi mudah hendaknya melakukan sahur. Tetapi usaha yang dilakukan tanpa disertai niat untuk bangun sahur, maka akan menjadi sia sia dan mustahil. 

7. Niat Untuk Melakukan Sahur 

Segala sesuatu tanpa disertai dengan niat maka akan menjadi sia sia atau tidak ada hasilnya, karena niat merupakan keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan yang ditujukan kepada Allah. Ketika hendaknya ingin melakukan sahur kita diharuskan untuk niat agar sahur anda tidak terlewatkan. Jadi niatkanlah untuk bangun sahur sebelum tidur. Allah SWT menyukai orang orang yang memiliki niat untuk beribadah.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa bangun sahur dan sahur anda tidak terlewatkan, karena berpuasa sangatlah penting apalagi di bulan ramadhan ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Tips Tidak Terlambat Bangun Sahur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel