Tips Sehat Saat Menjalankan Puasa

Tips Sehat Saat Menjalankan Puasa-Bulan ramadhan banyak sekali amalan dan pahala yang dapat kita raih, meskipun tidur saat berpuasa di bulan ramadhan itu pahala bukan berarti harus tidur sepanjangan tanpa melakukan aktivitas, yang ada jika tidur sepanjangan dapat membatalkan puasa anda. Puasa tidak boleh bermalas-malasan, di bulan Ramadhan ini justru dianjurkan untuk terus berbuat kebaikan dan menambah pahala, dengan bekerja sebaik baiknya dibulan Ramadhan.

Bekerja pada saat bulan Ramadhan itu tidak akan menjadi halangan bagi kita yang menjalankan puasa, karena bekerja saat berpuasa akan menjadikan amalan dan pahala agar tubuh menjadi semangat. Allah SWT tidak menyukai bagi hambanya yang suka bermalas-malasan, dari pada bermalas-malasan mendingan bekerja, karena dengan bekerja puasa kita tidak akan terasa lamanya. 


Selain bekerja kita diharuskan olahraga ketika berpuasa, tenang olahraganya tidak saat terik matahari dan berpanas panasan, cukup dengan joging pada waktu ngabuburit sekitar 15 – 20 menit, supaya otot-otot kita tidak akan terasa lemas meskipun saat berpuasa. Puasa sangat menyenangkan jika kita menjalankannya dengan ikhlas dan disertai adanya sebuah aktivitas kegiatan dan tidak bermalas malasan.

Malas saat berpuasa sama saja menyiakan suatu amalan di bulan Ramadhan, dan apa yang diniatkan untuk berpuasa itu cuma niatan saja dan tidak dilakukan dengan ikhlas. Ketika kita bermalas malasan tubuh akan menjadi kurang sehat karena tidak adanya semangat dan fikiran yang tenang untuk melakukan kegiatan dalam ibadah puasa, bulan Ramadhan merupakan bulan yang dimana untuk melatih hawa nafsu, amarah, haus dan lapar, terutama melatih umat muslim untuk menjadi orang yang sangat sabar dan mempunyai banyak iman.

Berpuasa sangat banyak sekali hikmahnya, oleh sebab itu janganlah menyiakan waktu selama bulan Ramadhan. Pada saat kita menjalankan ibadah puasa kerap tubuh kita menjadi lemas, maka dari itu harus pandai dalam mengolah waktu saat menjalankan puasa agar puasa kita tidak menjadi sia sia, Kesehatan sangatlah penting untuk menjalankan puasa karena jika kita terhambat oleh penyakit saat berpuasa pastilah sangat menyayangkannya. Berikut tips sehat menjalankan puasa :

1. Tidak melewatkan waktu sahur 


Sama seperti sarapan yang menjadi waktu makan terpenting dalam kehidupan sehari-hari, sahur sangat diperlukan saat akan menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan. Sahur merupakan sarapan yang biasanya dilakukan pada waktu lewat dari pukul 00:00 dan sebelum menjelang waktu imsyak kemudian sholat subuh dan merupakan pendamping niat untuk berpuasa. Melewatkan waktu sahur ibarat berpuasa tanpa dibekali asupan dan niat, jadi usahakanlah sahur meskipun sedikit agar ibadah puasa kita menjadi lebih khusyuk serta diiringi dengan energi dan aktivitas yang cukup

2. Tidak makan berlebihan saat berbuka puasa


Puasa menurut kita melatih untuk mengendalikan diri dan menahan diri dari hawa nafsu, hawa lapar, haus dan godaan setan terkutuk, bukan hanya pada saat waktu sahur dan setelahnya. Percuma saja menahan haus dan lapar saat berpuasa jika kita tidak bisa mengendalikan diri saat berbuka puasa, kerap kita tidak kontrol saat makan, apalagi makan makanan yang berminyak seperti gorengan.
Meski demikian, janganlah makan berlebihan saat berbuka puasa, bagusnya setelah adzan maghrib makan dan minumlah secukupnya agar kita tidak sakit pada bagian perut, jika berbuka dengan makan berlebihan maka akan malas saat hendaknya sholat terawih, sangat disayangkan bukan.

3. Hindari makanan yang terlalu berlemak


Semua makanan sangat enak disantap apalagi makanan yg asin, pedas, manis dan berlemak. Jangan salah meskipun itu sangat sedap disantap kita disarankan menghindari makanan yang terlalu asin, manis dan berlemak agar kita tetap sehat dan seimbang selama puasa, kerap makanan yang asin, manis, dan berlemak menjadi ciri khas saat berbuka puasa. Kita dianjurkan untuk menghindari makanan tersebut untuk Ramadhan yang sehat.

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh


Kekurangan cairan tubuh dapat mengakibatkan rasa lemas dan tidak konsentrasi selama berpuasa. Apalagi kita tinggal didaerah yang tropis cukup panas bukan. Cukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka puasa untuk menghindari dehidrasi. Minum air putih paling dianjurkan minimal 4 gelas air putih dua gelas waktu sahur dan dua gelas waktu berbuka, dan juga bisa digantikan dengan susu dan juga jus buah segar.

Sebaliknya, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman cola yang mempunyai sifat deuretik. Perbanyak juga asupan gizi dengan cara makanan yang bergizi supaya tubuh kita tetap berstamina dan tidak akan terasa lemas saat berpuasa.

5. Olahraga ringan


Meskipun tidur saat berpuasa merupakan pahala dan hal yang baik dilakukan, kita tidak diharuskan untuk tidur sepanjang hari saat menjalankan ibadah puasa karena itu bisa membatalkan puasa saja. Tetap lakukan olahraga rutin selama bulan Ramadhan hanyalah batasi tingkat aktivitas olahraga pada siang hari karena dapat memicu dehidrasi dan menguras energi yang mengakibatkan haus dan lelah anda. Cukup lakukan olahraga ringan dan bersepeda pada waktu ngabuburit dan menjelang waktu berbuka.

Aktivitas saat menjalankan puasa akan menjadi kurang semangat jika tidak melakukan olahraga, olahraga sangat penting untuk meningkatkan semangat dan aktivitas. Jadi lakukanlah olahraga meskipun saat berpuasa.

6. Gosok gigi setelah berbuka dan sahur


Ketika berpuasa tubuh akan meningkatkan keasaman darah dan mebakar lemak pada tubuh. Karena itulah mulut  dan nafas biasanya berbau untuk meminimalisir bau pada mulut yang timbul, jangan lupa menjaga kesehatan mulut dengan cara gosok gigi setelah berbuka puasa dan sahur.

Menggosok gigi saat sahur akan membantu menghilangkan sedikit rasa ngantuk dan pastinya menghilangkan bau dan semua bakteri pada mulut agar menjadi lebih segar saat menjalankan puasa. Mulut sangat tidak sedap ketika sedang berpuasa jika tidak melakukan gosok gigi.

7. Konsultasi kedokter


Beberapa orang diperbolehkan tidak berpuasa pada saat menderita sakit, berusia lanjut, ibu sedang hamil dan menyusui, karena biasanya orang yang menderita sakit tersebut sangat susah untuk berpuasa karena beresiko bagi dirinya sendiri, pada orang yang sedang hamil akan beresiko pada kandungannya. Apabila anda memiliki kondisi tersebut tetapi anda mampu menjalankan puasa jangan lupa untuk berkonsultasi kedokter untuk menghindari resiko kesehatan yang sedang anda alami.

Demikian beberapa tips sehat saat menjalankan puasa yang bisa dilakukan agar berpuasa menjadi lebih baik dan tidak ada hambatan pada saat berpuasa, karena berpuasa sangatlah penting pada bulan ramadhan. Jika ada saran maupun kritik dan tambahan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sehat Saat Menjalankan Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel